Selasa, 28 Oktober 2008

TROUBLESHOOTING TOWER


TROUBLESHOOTING TOWER

Penyebab utama :

    • Interferensi
    • Kerusakan pada peralatan wireless meliputi antenna, kabel coax, kabel UTP , POE ,Radio dan Switch HUB.

Permasalahan dan Asumsi :

· Hasil ping ke client hancur/time ping nya besar namun kualitas sinyal bagus. Sebelumnya kualitas sinyal dan hasil ping ke client bagus.

· Posisi dan arah antenna di tower tidak berubah.

· Tidak ada perubahan apapun pada perangkat wireless

Langkah yang harus di lakukan :

A. Mengubah channel frekuensi Access Point. Perhatikan channel yang digunakan Access Point yang lain di tower (jika terdapat lebih dari satu Access Point),. Hindari penggunaan channel yang berdekatan apalagi sama. Jika tingkat interferensi cukup tinggi, coba gunakan semua channel frekuensi dan catat kualitas sinyal yang diterima client dan hasil ping untuk setiap channel tersebut. Gunakan channel yang memberikan hasil ping terbaik. Jika channel yang terbaikpun masih memberikan hasil ping > 10%.Dan yang perlu di perhatikan di sini IT tersebut harus ngeping ke semua client dari sebuah Radio Access Point yang akan di ganti channelnya tersebut. Ping dilakukan 100 hitungan sebanyak 3 kali. Hasil ping yang meliputi loss dan response time dicatat dan dibandingkan dengan hasil ping sebelumnya.

Langkah – langkah yang harus di lakukan dalam merubah channel frekuensi pada beberapa Radio Access Point yang terpasang di TOWER.

Radio tersebut antara lain : Outdoor Bridge Senao, Outdoor Router Senao, Zinwell Outdorr, dan Planet.

I.Cara merubah frekuensi channel radio Outdoor Bridge Senao

1. Masukkan IP radio via WEB

a. Ketik IP (exs : 10.10.41.253)

b. ENTER

c. Masukkan User dan Password

d. ENTER

2. Masuk ke menu Wireless (klik)

3. Pilih menu CHNANNEL dan lakukan pergantian channel

4. Setelah Channel di ganti, masuk kemenu SAVE ( klik )

5. Setelah di save, masuk ke menu REBOOT ( klik)

6. Setelah di Reboot akan ada tampilan menu seperti di bawah ini dan itu tanda nya perganti channel sudah di lakukan. Kalo seandainya belum juga ada hasil coba pindah ke channel berikut nya, sampai ping ke bridge klien bagus.

7. Setiap mengganti channel di Radio Access Point pada Tower harus di perhatikan ping dan signal ke semua Radio Bridge Kliean sampai hasil nya bener – bener bagus.

II. Cara merubah frekuensi channel radio Outdoor Bridge Senao

1 Masukkan IP radio via WEB

a. Ketik IP (exs : //10.10.41.253:2000)

b. ENTER

c. Masukkan User dan Password

d. ENTER

2. Pilih menu BASIC CONFIG ( klik )

3. Masuk ke menu WIRELESS LAN ( KLIK )

4. Setelah masuk ke menu wireless, pilih menu CHANNEL dan lakukan penggantian channel.

5. Setelah channel di ganti masuk ke menu SAVE and RESTA

6. Masuk ke menu SAVE (KLIK)

7. Setelah menu Save di klik dan lanjutkan masuk ke menu BACK ( KLIK )

8. Pilih dan klik menu RESTART dan proses pergantian channel pun teah di lakukan.

9. Proses restarting radio Outdoor ROUTER

10. Setiap mengganti channel di Radio Access Point pada Tower harus di perhatikan ping dan signal ke semua Radio Bridge Kliean sampai hasil nya bener – bener bagus.

Radio Zinwell biasa nya selain ngerubah channel untuk troubleshooting nya kadang Gateway hilang dan DHCP server nya langsung ikut Enable.

III. Cara merubah frekuensi channel radio Zinwell Outdoor

1 Masukkan IP radio via WEB

a. Ketik IP (exs : //10.10.41.124)

b. ENTER

c. Masukkan User dan Password

d. ENTER

2. Setelah login ke radio masuk ke Menu WIRELESS ( KLIK )

3. Masuk ke menu channel yang aka di pakai.BASIC SETTING( KLIK ), cari menu CHANNEL NUMBER terus pilih

4. Setelah channel diganti masuk ke menu APPLY CHANGES ( KLIK )

5. Tunggu beberapa menit buat radio untuk booting dan langkah selanjutnya klik menu OK ( KLIK ) dan itu artinya radio sudah dig anti channel nya.

6. Setiap mengganti channel di Radio Access Point pada Tower harus di perhatikan ping dan signal ke semua Radio Bridge Kliean sampai hasil nya bener – bener bagus.


B.Mengganti kabel coaxial. Lakukan kembali test ping ke semua Radio Bridge kliean

C. Mengganti kabel UTP, melemahnya sinyal bisa diakibatkan karena melemahnya pasokan daya ke radio Access Point. Lakukan kembali test ping.

D. Ganti dan restart manual POE, lakukan kembali test ping dan ini salah satu contoh POE Radio Access Point yang restart manual begitu juga POE Radio yang lain nya. ( mencabut power suplly POE )

E. Ganti antenna. Pergantian antenna dilakukan dengan cara memasang antenna baru di dekat antenna yang digunakan sekarang dengan arah yang sama. Lakukan pointing ulang dengan antenna baru tersebut. Test ping.

F. Ganti radio Akses Point dengan yang lain, Perhatikan perubahan yang terjadi, di sisi Radio Bridge klien baik itu kwalitas signal ataupun Ping nya

G. Langkah berikut umumnya terjadi pada kondisi yang sangat ekstrim, dimana density Access Point sudah sangat tinggi dengan tingkat interferensi yang juga tinggi. Bagilah coverage area dan beban Access Point tersebut dengan menambahkan Access Point baru dengan SSID baru. Jika kita anggap arah antenna Access Point sekarang sebagai pusat sebaran maka :

1.1 Antenna untuk access point baru diarahkan agak ke kiri dari pusat sebaran.

1.2 Pasang Antenna baru disebelah kanan dan Kiri pengganti antena sebelumnya, pusat sebaran. Antenna ini kemudian dipasangkan pada Access Point yang lama. Antenna lama dibiarkan tetap terpasang untuk menjaga kemungkinan apabila cara ini juga tidak berhasil.

Kirim teknisi ke client-client yang berada di area sebah kiri dari pusat sebaran. Ubah SSID radio penerima wireless mereka (pointing) ke Access Point yang baru.

H. Pasang penguat. Cara ini sebisa mungkin dihindari mengingat pengaruh penguat yang dapat merusak sinyal yang dipancarkan Access Point yang lain di tower. ( BOOSTER )


I. Ganti Switch HUB, dan ini terjadi apa bila switch HUB nya hang dan harus di ganti pake HUB yang lain.

2 komentar:

anumurama mengatakan...

untuk radio outdoor zinwell, kalo semua channel nya jlek,,,jgn ragu2 untuk mengaktifkan channel 14 nya via SSH.

Dian Puji Rahayu mengatakan...

konfigurasi yang digunakan u/ komunikasi waveLAN itu gmn yaw??????